Aksara

Unit Aksara Salman ITB merupakan unit literasi yang berdiri pada bulan Maret 2005 di Bandung yang berada dibawah pembinaan YPM Masjid Salman ITB.

Visi Aksara adalah:

  • Menjadi komunitas pembelajar yang peka terhadap nilai kemanusiaan sebagai bagian integral ajaran Islam,
  • Melahirkan manusia-manusia pembelajar yang peka terhadap nilai kemanusiaan sebagai bagian integral ajaran Islam.

 

Misi Aksara adalah:

  • Mewadahi proses pembentukan karakter pembelajar para anggotanya, lewat berbagai aktivitas literer yang kontributif terhadap pemecahan masalah-masalah kemanusiaan,
  • Membudayakan aktivitas literer demi pembentukan karakter pembelajar, di tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan oleh unit Aksara Salman antara lain, sebagai berikut:

 

1. Majelis Buku (MaBuk)
Mabuk (Majelis Buku) adalah kegiatan bahas buku dengan seorang pembahas yang telah membuat resensi buku tersebut dan akan didiskusikan bersama. Mabuk diadakan setiap Jumat sore pukul 16.30 WIB di Salman Reading Corner.
2. Aksara on Stage (AoS)
AoS (Aksara on Stage) adalah kegiatan bedah buku yang menghadirkan beberapa pembicara dari penulis bukunya sendiri, pembahas dari kalangan profesional, dan juga anggota Aksara. Acara ini akan diadakan sebulan sekali.
3. Mini Mags Aksara
Majalah saku, karya Orisinil anak-anak Aksara. Sebagai sarana aktualisasi para calon penulis hebat dari Aksara. Terbit setiap bulan sekali.
4. Bincang Inspirasi Kamis (BIKA)
Ajang silaturahim dan menambah wawasan bagi setiap anggota Aksara. Serta sebagai sarana melatih diri untuk membiasakan shaum senin kamis. Menjadikan aksara sebagai tempat membentuk keluarga.
5. Aksara Berpetualang (ALang)
Penyegaran aktivitas dari rutinitas dengan berkunjung bersama ke tempat-tempat alam bebas, atau tempat-tempat literasi, atau tempat-tempat lainnya. Jalan-jalan Aksara akan diadakan tiap 3 bulan sekali.

 

6. Aksara Berbagi Cinta (ABC)
Sebagai bentuk amal ibadah, di setiap kegiatan Aksara disediakan kencleng dan sebagian keuntungan penjualan akan dikumpulkan dan disumbangkan dalam bentuk buku pada saat bulan ramadhan.

 

7. Majelis Film Ahad (MAFIA)
Mafia (Majelis Film Ahad) adalah kegiatan nonton film bersama yang diharapkan dapat memberikan inspirasi, hikmah (pelajaran), dan penyegaran di akhir pekan. Kemudian setelah pemutaran, film tsb akan dibahas oleh si pembahas yang telah membuat resensi film tsb dan akan didiskusikan bersama. Mafia diadakah tiap Ahad dua minggu sekali.

 

8. Konser Auman Jiwa
Konser deklamasi puisi dan [bisa juga] cerita super singkat (flash fiction) sebagai bentuk apresiasi sastra. Pembaca terbuka untuk umum dan juga diundang tokoh sastra untuk ikut membacakan. Konser Auman Jiwa diiadakan 3 bulan sekali di paving block Salman.

 

9. Bakar Angsa (Bahas Karya Anggota Aksara)
Bakar Angsa adalah kegiatan membahas karya-karya yang dibuat anggota Aksara dengan berdiskusi satu sama lain agar produktivitas dan kemampuan menulis kita bersama dapat meningkat. Bakar Angsa diadakah setiap kamis sore di minggu ke4.

One Comment;

*

*

Top