Oh Banjir, Kau Datang Karena Ku Undang

Sumber: Kompas.com

Hujan deras yang terjadi akhir-akhir ini menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah banjir. Bencana banjir sering terjadi akibat curah hujan yang tinggi, sementara prasarana untuk mengalirkan air seperti hutan dan DAS tersumbat.

Berbagai dampak di timbulkan oleh banjir, di antaranya:

1. Rusaknya Areal Pertanian
Adanya banjir mampu menenggelamkan areal pertanian seperti sawah dan kebun yang menimbulkan kerugian bagi para petani yang menjadikan hasil pertaniannya untuk mencari nafkah dan membuat kondisi perekonomian dari negara menjadi terganggu.

2. Adanya Korban Jiwa
Banjir juga menimbulkan korban jiwa yang di sebabkan arus air yang tergolong deras yang mengakibatkan banyak penduduk yang hanyut di karenakan terbawa arus.

3. Rusaknya sarana dan prasarana umum
Banjir dapat merusak sarana dan prasarana untuk umum karena air dari banjir yang menggenang dapat memasuki partikel pada dinding dari bangunan. Dinding dapat retak dan jebol apabila tidak mampu menahan kandungan air dari banjir tersebut.

4. Hilangnya harta benda
Banjir mampu menghilangkan harta benda dari penduduk karena derasnya aliran dari banjir mampu menyeret benda apapun baik itu meja, kursi, kasur, pakaian, mobil, motor, komputer dan lain-lain.

5. Bibit Penyakit
Banjir dapat mendatangkan penyakit, salah satunya adalah gatal-gatal. juga air yang keruh dari banjir dapat membawa kuman sehingga penyebaran penyakit bisa menjadi sangat besar.

*

*

Top