Supaya Kehidupan Kuliah Kamu Menyenangkan

Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah tentunya memerlukan pemikiran yang matang karena kamu akan mendedikasikan 4 tahun kedepan untuk mempelajari satu materi tertentu. Tentunya kamu nggak mau dong sepersekian tahun kedepan berlangsung dengan tidak menyenangkan? Walaupun kamu akan dihadapkan dengan banyak hal yang akan membebani psikismu. Tapi kamu bisa mengambil strategi untuk mengurangi stress yang melanda psikismu.  Ini nih, tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat masa kuliahmu menyenangkan, tidak melulu merana terbebani materi-materi kuliah

1.      Jangan buang sepersekian waktu dalam hidupmu untuk memperlajari hal yang tidak kau sukai

Kondisi diatas mungkin akan kamu temui di masa transisi putih abu-abu ke bangku perkuliahan. Masuk ke jurusan yang menjadi “obsesi” orang tuamu bukan bentuk baktimu pada mereka. Yang menjadi bentuk bakti pada orang tuamu adalah menjalani keputusan yang kau pilih sendiri dengan penuh tanggung jawab.

Tentunya kamu pun harus pandai-pandai memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Orang tuamu menyarankan suatu hal dengan mempertimbangkan masa depanmu. Dengan demikian maka kamu pun harus memiliki argumentasi yang rasional tentang pertimbanganmu dalam memilih sebuah jurusan tertentu. Dengan memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan minat setidaknya menambah motivasimu untuk belajar.  Yang wajib dilakukan adalah kamu harus tanggung jawab dengan segala keputusanmu.

2.      Bersosialisasilah untuk ciptakan lingkungan yang menyenangkan agar kamu tidak malas untuk pergi ke kampus

Tentunya kamu juga perlu bersosialisasi. Jangan terlalu asik dengan game online atau apapun yang bersifat individu karena dengan memiliki lingkungan sosial di kampus tentunya turut memacu semangatmu untuk datang ke kampus. Menjalin hubungan dengan orang-orang baru tentunya akan menambah pengalaman hidup dan wawasanmu juga loh.Kamu mahasiswa, bukan seorang agen rahasia yang identitasnya tidak diketahui oleh siapapun. Yakinlah bahwa berada di lingkungan yang nyaman akan menjadi alasan tambahan untuk kamu rajin berangkat ke kampus.

3.      Ber-Organisasilah!

Tidak hanya lingkungan pergaulan, kamu juga harus belajar untuk berorganisasi. Tidak harus organisasi yang terlalu serius, organisasi-organisasi kesenian maupun komunitas tertentu yang ada di kampus juga seru tuh. Tentunya pengalaman berorganisasi dengan segala intrik yang mungkin muncul sebagai konsekuensinya merupakan pengalaman berharga di kemudian hari.

Namun kamu juga harus tetap bijak dalam membagi waktu dan pemikiranmu untuk organsiasi yang kamu ikuti. Semua harus seimbang karena kamu pasti juga punya lingkungan pertemanan dan kewajiban lain yang tidak kalah penting untuk ditelantarkan begitu saja terutama kewajiban taat kepada segala perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya.

4.      Bersyukurlah kepada Allah STW dan Nikmati segala proses perkuliahan

Bagaimanapun sebagai seorang mahasiswa tentunya kamu dituntut untuk menjadi pribadi dengan pemikiran yang berkualitas. Oleh karena itu munculnya tugas-tugas dan tanggung jawab lain yang menyita waktu juga merupakan sebuah konsekuensi yang kamu tanggung. Yang terpenting dari semuanya adalah menikmati proses yang kau jalani di bangku kuliah. Nikmatilah segala proses jungkir balik yang mungkin kamu lakukan untuk menyelesaikan tugas karena niscaya hal tersebut akan berguna di kemudian hari, dan yakinlah bahwa sesudah kesulitan pasti akan ada kemudahan. Hal ini akan ini akan menenangkan hati dan pikiranmu.

  1. Berdoa, ikhtiar dan berserahdirilah kepada Allah SWT

Selain segala kehidupan perkuliahan dan organsisasi yang kamu jalani, kamu juga perlu mengalokasikan waktu untuk recharge imanmu. Belum tentu di kemudian hari aka nada waktu luang yang cukup untukmu memuaskan diri menghadiri majelis ta’lim atau sekedar melingkar mengikuti liqo mingguan di selasar masjid. Tentunya kamu juga perlu menikmati ketentraman hati bukan?

Lakukanlah hobi atau kegiatan apapun yang menambah rasa syukurmu di sela-sela kesibukan serta banyak-banyaklah berbagi. Pergi jauh dan temukan pandangan baru tentang dunia. (Detika)

*

*

Top