Prediksi Hujan Hingga Februari 2018, Rumah Amal Salman Buka Donasi Peduli Banjir

BANJIR BALEENDAH: Akses jalan terendam banjir di Baleendah Kabupaten Bandung, Senin(3/3). Sebanyak 18 ribu rumah warga terendam banjir di Kecamatan Bojongsoang, Baleendah dan Kecamatan Dayeuhkolot akibat luapan sungai Citarum dengan ketinggian sekitar 2 meter hingga 3 meter. Sementara itu jalur transpotasi dari Balendah menuju Majalaya terputus. (foto dan caption : Republika)

Musim hujan tengah melanda di Indonesia. Dilansir dari bmkg.go.id, puncak musim hujan akan diprediksi terjadi pada bulan Desember 2017 hingga Februari 2018. Oleh karena itu, perlu diwaspadai dampak yang ditimbulkan terutama untuk daerah-daerah yang rentan terhadap bencana yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang, khususnya wilayah Sumatera, Jawa dan Bali – Nusra mengingat peluang curah hujan ekstrim pada bulan-bulan tersebut akan semakin meningkat.

Saat ini terdapat beberapa indikasi penyebab hujan lebat di sekitar Indonesia, antara lain munculnya sebuah bibit Siklon Tropis di Samudera Hindia Selatan Jawa Timur serta adanya Sirkulasi siklonik di Perairan Barat Sumatera, Laut Banda dan di Laut Cina Selatan mengakibat secara tidak langsung membentuk pola belokan dan pertemuan angin di wilayah Indonesia. Selain itu indikasi aktifnya pola Inter Tropical Convergene Zone (ITCZ) yang terbentuk memanjang dari Sumatera Selatan, Selat Karimata, Laut Jawa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara hingga Laut Banda juga turut memicu potensi hujan lebat di beberapa wilayah.

Tingginya intensitas hujan ini khususnya di daerah Kabupaten Bandung mengakibatkan banjir terus meluas. Dicatut dari pikiran-rakyat.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung terus mengantisipasi bertambahnya keparahan. Meskipun demikian, saat ini penanganan kebencanaan masih berstatus siaga darurat bencana.

Berdasarkan data dari BPBD, jumlah pengungsi banjir Kabupaten Bandung di beberapa posko terus bertambah setiap harinya. Demikian juga dengan luas wilayah terjangan banjir. Tidak hanya membanjiri permukiman penduduk dan fasilitas umum lainnya, banjir pun telah merendam areal persawahan di beberapa wilayah Kabupaten Bandung.

Hal ini menjadi latar belakang Rumah Amal Salman untuk membuka kesempatan bagi jamaah yang peduli akan nasib korban bencana banjir dengan berdonasi ke no rekening BNI Syariah 6336336367 a.n Rumah Amal Salman.

sumber :

bmkg.go.id

pikiran-rakyat.com

 

*

*

Top