Seberapa pentingnya pendidikan dikalangan “Kids Jaman Now”

Apa itu Remaja? Remaja adalah masa transisi dari anak-anak menjadi dewasa. Dalam islam sendiri masa remaja adalah masa mulainya akil baligh atau masa pubertas dengan ditandai dengan adanya menstruasi pada perempuan dan mimpi basah pada laki-laki.

Dijaman yang serba canggih ini terlepas dari segala teknologi dan informasi yang ada membuat kebanyakan para remaja dapat mengakses segala sesuatu berupa pendidikan, hiburan, maupun yang menjadi trend saat ini atau yang disebut dengan kekinian hanya bermodalkan internet.

Bahkan pada saat ini munculah istilah baru dikalangan remaja yaitu istilah “Kids Jaman Now”. Kids Jaman Now atau dalam artian Anak jaman sekarang adalah istilah yang merujuk pada kebiasaan anak-anak jaman sekarang. Kalimat ini dipopulerkan oleh parodi Seto Mulyadi sebagai bentuk keprihatinannya terhadap kelakuan remaja jaman sekarang yang cenderung negatif. Secara tidak langsung menambah kosa kata baru yang muncul di masyarakat.

(source : kaskus.co.id)

Selain itu bisa merujuk pada hal-hal positif juga seperti banyak juga remaja jaman sekarang yang berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik, salah satunya adalah Naufal Raziq remaja dari aceh yang berusia 15 tahun ini berhasil membuat listrik dari pohon kedondong.

Bicara mengenai pendidikan, Pendidikan yang pertama didapat adalah dari keluarga karena itu adalah cikal bakal pembentukan karakter dan juga sifat manusia pada umumnya. Selanjutnya, adalah dari madrasah karena disana tempat mencari ilmu terutama agama. Adapun salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam shahihnya, dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Yang membahas menuntut ilmu, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa yang menempuh suatu perjalanan dalam rangka untuk menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan baginya jalan ke surga. Tidaklah berkumpul suatu kaum disalah satu masjid diantara masjid-masjid Allah, mereka membaca Kitabullah serta saling mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenangan  dan rahmat serta diliputi oleh para malaikat. Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan para malaikat.”

Dilansir dari hadist diatas, dijelaskan bahwa menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslimin dan muslimah karena dari mencari ilmulah kita tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Lalu dijelaskan juga menurut Al – Quran pada surah Al – Mujadalah [58] ayat 11 yang menjelaskan tentang kedudukan orang beriman dan berilmu

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Jadi tugas kita sebagai remaja  adalah mencari ilmu setinggi-tingginya karena ilmu itu tidak kenal usia dan juga batas. Selain ilmu di akademik, jangan lupa untuk mencari ilmu agama karena kita harus menjadi orang yang haus terhadap ilmu pengetahuan. (Indri Setya Mulyani)

 

Source :

http://yuniauliaputri.blogspot.co.id/
https://sepdhani.wordpress.com/tag/tafsir-surah-al-mujadalah-ayat-11/
https://www.kaskus.co.id/thread/59b6c95c902cfe3e218b4569/komenan-akun-fake-ka-seto-ini-buat-kita-guling-guling-gan-part-2/

Related posts

*

*

Top