Meski Ada Perbedaan di Setiap Generasi, Percayalah Kita Miliki Kemampuan Masing-Masing

Perubahan akan selalu terjadi begitupun perubahan zaman. Salah satu perubahan zaman yang sangat terlihat yaitu zaman tahun 90-an dan sampai sekarang ini. Generasi millennial adalah sebutan untuk generasi sekarang, namun menimbulkan berbagai macam spekulasi yang terkadang menggelitik dan riskan. Bahkan ada anggapan yang mengatakan generasi zaman sekarang yaitu generasi micin, dimana sangat terjadi perubahan pesat bila dibandingkan dengan generasi 90-an. Salah satunya gaya hidup masing – masing generasi. Berikut ini akan ditampilkan berbagai macam perbedaan anak jaman dulu dan jaman sekarang.

1. Masa kecil/kanak-kanak

Masa kecil merupakan masa yang amatlah bahagia. Setiap harinya dengan bebas bermain seperti petak umpet, congklak, layangan dan jenis permainan yang sederhana. Permainan tersebut  membuat tubuh bergerak bebas seperti olahraga. Nah, itu zaman dulu. Untuk zaman sekarang permainan anak – anak lebih banyak menghabiskan di depan layar laptop, handphone, playstation dan sejenisnya yang membuat anak – anak tidak banyak bergerak dan bahkan menimbulkan kecanduan. Begitupun jika dilihat dari segi tontonan, anak – anak zaman dahulu lebih banyak menghabiskan waktu liburnya untuk menyaksikan film kartun yang tidak mengandung unsur kekerasan dan sejenisnya. Bila dibandingkan lagi dengan kondisi sekarang, dimana anak – anak lebih banyak menyaksikan tontonan sinetron yang mengandung kekerasan, percintaan dan berbagai hal negatif, sehingga wajar seringya terdapat pelanggaran sosial oleh anak – anak zaman sekarang karena salah satunya bisa disebabkan oleh apa yang mereka tonton dan dengar.

2. Masa Remaja

 (foto: Vebby Vitri Yanti)

Masa remaja adalah salah satu masa peralihan menuju masa dewasa dimana perasaan untuk mengetahui sesuatu yang baru itu menggebu– gebu. Untuk zaman dulu, para remaja biasanya sangat jarang membawa bahkan menggunakan handphone dalam kesehariannya. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan berkegiatan positif di sekolah dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Namun, hari ini para remaja dengan leluasa membawa handphone ke sekolah, update status di media sosial, swafoto sana – sini. Bahkan cukup dengan sekali cekrek di layar handphone pada akhirnya mereka jarang menuliskan catatan pelajaran di kelas. Adapula remaja yang melakukan pelanggaran sosial seperti istilah sehari-hari ngelem, ngerokok, dan tidak jarang di media sosial sering bermunculan para remaja yang dengan gamblangnya berpelukan, berciuman seraya mengunggahnya ke laman media sosial masing-masing.

3. Masa dewasa

(foto : Fathia U.)

Jika dilihat dari masa dewasa, perbedaan diantara kedua zaman tidak terlalu siginfikan bila dibandingkan dengan kedua masa sebelumnya. Meskipun demikian perilaku yang melanggar aturan – aturan sosial tetap saja meningkat; seks bebas, narkoba, pencurian, dan lain-lain. Namun ada sesuatu yang sangat menonjol perbedaannya yaitu dari cara berpakaian. Zaman dulu, sebagian besar masih menggunakan pakaian yang tertutup dan mengarah ke timuran namun sekarang ini lebih mengarah ke barat-baratan dengan pakaian mini yang tak pantas digunakan di tempat umum.

Jika tulisan di atas hanya menampilkan dari sisi negatif, percayalah salah satu kelebihan zaman sekarang dimana kemampuan seseorang menggunakan teknologi sangatlah pesat. Bahkan  perkembangan teknologi pun meningkat. Jadi, setiap zaman mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Titik perhatian di sini adalah bagaimana menyikapi perkembangan zaman dengan cara yang wajar dan tidak melanggar aturan-aturan yang berlaku serta peran dari segenap orang tua untuk selalu mendampingi serta membimbing anak-anaknya. (Ari Saldi/Ft)

 

Related posts

*

*

Top