Satu Portal Berbagi ke Seluruh Masjid se-Bandung Raya

Bulan Ramadan adalah bulan yang identik dengan berbagi makanan berbuka puasa. Pasalnya hal tersebut memang dapat membuat orang yang berbagi mendapatkan pahala puasa orang yang ia bagikan makanan tanpa adanya pengurangan pahala puasa sedikitpun dari orang yang dibagikan tersebut. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. yang diantaranya diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi (no.807), Ibnu Majah (no.1746), dan Imam Ahmad (no.5/192) sebagai berikut.

 

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.

 

Hal inilah yang mendasari Rumah Amal Salman ITB untuk menginisiasi sebuah gerakan berbagi makanan berbuka puasa ke masjid-masjid se-Bandung Raya. Gerakan yang dihimpun oleh Tim Satgas Ramadhan Bandung Raya tersebut diwujudkan dengan adanya portal www.berbagibuka.com. Melalui portal tersebut, siapapun bisa mengirimkan paket makanan berbuka puasa ke seluruh masjid se-Bandung Raya yang telah menjadi mitra. Dengan begitu berbagi menjadi semakin mudah karena para donatur tidak perlu menyambangi masjid yang bersangkutan untuk menyampaikan donasi.

Seluruh paket makanan yang terhimpun nantinya akan didistribusikan oleh para Ifthar Rangers. Ifthar Rangers adalah sekumpulan relawan (volunteers) yang bertugas mengirimkan paket makanan berbuka puasa ke masjid-masjid tujuan. Masjid-masjid tujuan ini jumlahnya sudah melebihi 99 masjid dan tersebar di seluruh area se-Bandung Raya mulai dari Bandung bagian barat (misalnya Cijerah dan Bandung Kulon), bagian kota (misalnya Padasuka dan Bojongsoang), bagian selatan (misalnya Pameungpeuk dan Baleendah), hingga bagian timur (misalnya Cileunyi dan Jatinangor).

Tim Satgas Ramadhan Bandung Raya menargetkan pembagian paket makanan berbuka hingga mencapai 10.000 porsi setiap harinya. Anda bisa membantu pemenuhan target ini dengan turut mendonasikan paket makanan berbuka puasa melalui portal www.berbagibuka.com. Dalam portal tersebut Anda bisa berdonasi sesuai paket-paket donasi yang tersedia mulai dari Rp15.000,- per porsi makanannya. Anda juga bisa melakukan donasi secara langsung ke rekening BRI Syariah milik YPM Salman ITB dengan nomor rekening 102-835-2499. Seluruh donasi Anda akan langsung didistribusikan dalam bentuk paket makanan berbuka puasa ke masjid dan komunitas mitra. Mari bergabung kedalam gerakan ini dan bersama kita wujudkan 10.000 porsi makanan berbuka setiap harinya.

*

*

Top