Tips Ramadhan Ala Anak Kos

(foto : Rifqi I.)

Bulan Ramadhan bagi anak kos bisa jadi bulan penuh tantangan. Sebagai mahasiswa yang jauh dari keluarga saat Ramadhan, pastilah memiliki kesan tersendiri. Ada yang sedih namun mungkin ada juga yang justru merasa lebih bisa mencari hikmah di bulan Ramadhan ketika jauh dari orang tua. Tantagan paling terasa adalah manajemen waktu, asupan makanan, dan yang utama adalah keuangan. Selain sibuk dengan kegiatan perkuliahan, anak kos juga harus pandai-pandai memikirkan asupan nutrisi yang cukup disaat Ramadhan. Walaupun kebanyakan anak kos terbiasa makan seadanya di hari-hari biasa, jangan sampai Ramadhan pun harus kekurangan gizi, apalagi sampai mengganggu aktivitas ibadah.

Ada cara-cara jitu bagi anak kos mengatur makanan dan kantongnya agar tetap menjalankan ibadah dengan lancar dan mendapat berkah di bulan Ramadhan. Berikut tipsnya:

  1. Persediaan makanan yang awet.

Bagi kamu yang hobi masak, cobalah masak makanan yang tidak cepat basi. Misalnya yang paling mudah adalah, ikan teri kacang balado. Kamu bisa cari resepnya di internet. Buat dengan porsi yang agak banyak, masukan ke dalam toples. Kamu juga bisa membeli persediaan abon di kosan. Atau kamu bisa minta dikirimkan rendang oleh orang rumah.

  1. Buka puasa dan sahur di masjid.

Untuk kamu yang tidak ingin ribet, kamu bisa mengunjungi masjid-masjid yang kerap memberi hidangan buka puasa dan sahur. Tapi jangan asal ingin dapat yang gratisan, kamu bisa memanfaatkan buka puasa dan sahur di masjid untuk menjelajah masjid dan berinteraksi dengan orang-orang disana serta menambah ilmu agama dengan mendengar kajian yang ada. Selain itu juga, karena kamu jadi lebih sering datang ke masjid, jangan lupa untuk bermuhasabah.

  1. Safari kuliner.

Safari kuliner ini bukan berarti kamu berwisata kuliner mengunjungi restoran. Kamu bisa membuat agenda bersama temanmu untuk berkunjung ke rumah temanmu yang lainnya. Pastikan temanmu ini tinggal bersama orang tua dan terbilang mampu menyediakan makanan berbuka. Mengunjungi rumah teman juga bisa menjalin dan mempererat tali silaturahim. Biasanya orang-orang mau menyediakan makanan, karena bagi yang memberi makan orang yang berbuka puasa juga mendapat pahala. Tapi jangan datang setiap hari ke rumah yang sama ya.

  1. Jadi relawan masjid.

Ini nih kegiatan bagus dan sangat dianjurkan untuk kamu yang tidak hanya ingin menghemat kantong tapi juga ingin menjadikan diri kamu lebih bermanfaat di bulan Ramadhan. Cari masjid yang membutuhkan relawan. Kamu bisa bantu mendistribusikan makanan buka puasa, jadi panitia kajian rutin, bahkan membantu membersihkan masjid. Tidak hanya mendapat makanan gratis, kamu juga bisa bermanfaat dan berkontribusi memakmurkan masjid.

Nah, itu dia beberapa tips untuk para anak kos. Jauh dari keluarga merupakan tantangan dan pembelajaran tersendiri bagi kamu untuk bisa me-manage diri. Kamu harus pintar-pintar mengatur segalanya sendiri, mulai dari perkuliahan, makan, pengeluaran, hingga ibadah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bulan puasa kamu berjalan lancar dan penuh berkah. Tergantung kamu lebih bisa melakukan yang mana. Yang penting jangan sia-siakan waktu yang ada dan tetap semangat! (Riska Nursyafitri)

Related posts

*

*

Top