Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan telah tiba, dan tidak terasa sudah memasuki hari ke – 9. Pastinya banyak kebiasaan – kebiasaan kita yang berubah dari sebelum memasuki bulan Ramadhan hingga di bulan Ramadhan ini. karena kebiasaan yang berubah tentunya banyak pola yang harus kita ubah, salah satunya pola menjaga kesehatan. Nah, kali ini akan di bahas tentang tips menjaga kesehatan di bulan Ramadhan. Yuk di cek!

  1. Hindari Tidur Setelah Makan Sahur

Tidur setelah sahur merupakan kebiasaan yang sebagaian besar dilakukan oleh orang – orang. Padahal itu perbuatan yang salah. Mengapa? Karena tidur setelah sahur itu akan mengganggu optimalisasi metabolisme tubuh khususnya di pagi hari dan bisa jadi akan menghambat kita untuk shalat subuh karena ketiduran. Sehingga keadaan ini yang akan menjadikan tubuh lemas di siang hari.

  1. Hindari Sikap bermalas – malasan

(foto: Rifqi I.)

Bulan Ramadhan seharusnya tidak menjadikan seseorang untuk bermalas – malasan. Seharusnya di Bulan Ramadhan menjadikan diri semakin semangat dalam beraktivitas karena akan ada banyak pahala di bulan suci ini. menjadikan diri tetap bekerja dan beraktivitas seperti biasanya. Salah satu cara agar tidak bermalas – malasan yaitu melakukan olahraga pagi yang ringan seperti lari di tempat, senam atau bersepeda. Hal tersebut akan mengurangi frekuensi mengantuk di pagi hari dan tetap menjaga tubuh kita bugar selama berpuasa dari pagi hingga menjelang berbuka.

  1. Tidur Cukup

Salah satu kebiasaan yang sangat berubah di bulan Ramadhan yaitu pola tidur. Karena mengharuskan untuk bangun sahur berarti frekuensi tidur akan berubah. Sehingga untuk mengatasinya, usahakan di siang hari untuk tidur sejenak untuk memenuhi kebutuhan tidurnya dan tidak berlebihan

  1. Hindari Minum Air Dingin atau ES

Karena seharian tubuh bisa dikatakan mengalami dehidrasi maka tubuh harus memerlukan cairan yang cukup. Namun, yang biasa di salah artikan oleh orang – orang yakni langsung mengonsumsi Air Dingi agar tenggorokan terasa lega. Padahal hal itu perbuatan yang salah, karena perut akan kembung. Kemudian menghindari juga minuman yang bersoda saat berbuka karena dapat menyebabkan kerusakan pada perut.

 

  1. Berbuka Dilakukan Secara Bertahap

(foto: Rifqi I.)

Biasanya orang – orang berbuka dengan berbagai macam makanan bahkan terkadang berlebihan juga karena seharian perut kosong, perbuatan seperti ini juga tidak baik agar lambung tidak kaget dan tidak bekerja keras sehingga mengeluarkan banyak energy. Padahal kita masih membutuhkan energy yang cukup untuk melakukan amalan – amalan di malam hari seperti shalat taraweh dan biasanya makan yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang mengantuk. Sehingga diperlukan untuk makan secara bertahap sehingga tetap bisa melakukan amalan di bulan Ramadhan

Dan itulah tadi beberapa tips singkat yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan ini, kebiasaan – kebiasaan yang tidak baik mari kita hindari dari sekarang agar tubuh tetap sehat dan bugar sehingga bisa melakukan amalan – amalan dengan baik di bulan Ramadhan dan bertemu dengan idul fitri dengan kondisi yang sehat. (Ari Saldi)

 

Related posts

*

*

Top