Ramadhan Inspiratif, Kelas Menulis via Online

 

Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan, salah satu agenda Panitia Pelaksana Program Ramadhan (P3R) Masjid Salman ITB adalah Ramadhan Inspiratif. Program Ramadhan Inspiratif yang diinisiasi oleh unit Aksara Salman ITB ini mengajak siapapun untuk menulis catatan inspiratif selama Ramadhan. Program ini dibuka sebelum Ramadhan dan berlangsung hingga Ramadhan berakhir dengan tujuan berbagi inspirasi.

“Prinsip kami adalah berbagi, kalau orang-orang berbagi makanan dan lain-lain, kami berbagi inspirasi melalui tulisan”, ujar Miftahul Arifin inisiator Ramadhan Inspiratif.

Program ini dilakukan secara online dengan jumlah peserta kurang lebih 150 orang yang berasal dari berbagai wilayah, Bandung, Surabaya, Padang, dan lain-lain. Peserta digabungkan dalam satu grup besar dimana peserta mendapatkan kelas menulis selama dua pertemuan dari penulis berpengalaman. Salah satun pengisi kelas adalah Rio Alfajri penulis buku “Merantau”. Kemudian peserta dibagi lagi ke dalam sembilan grup kecil yang mana masing-masing grup terdapat dua fasilitator dari Aksara yang akan memantau dan memantik peserta untuk menulis, berbagi tulisan, dan berdiskusi. Sistem online dipilih agar bisa menembus jaringan yang lebih luas.

Para peserta juga diminta berkomitmen untuk menulis selama 10, 20, dan 30 hari selama Ramadhan dan wajib mempublikasikan tulisannya ke sosial media atau blog masing-masing. Peserta yang berhasil mencapai komitmen akan diberi sertifikat pencapaian.

Arifin mengatakan, dengan adanya Ramadhan Inspiratif, diharapkan setiap orang tidak memendam sendiri inspirasi yang dimiliki tapi bisa dibagikan pada orang lain. “Karena barangkali inspirasi tersebut  mengubah hidup seseorang. Berbagilah walaupun sekecil apapun inspirasi dalam hidup kita karena inspirasi itu datang dari siapa saja”, pungkas Mahasiswa ITB jurusan Teknik Elektro 2015 tersebut. (Riska Nursyafitri)

One Comment;

*

*

Top