Tips Ramadhan Anti Gagal

Bulan Ramadhan bukan berarti aktivitas kita terbatasi oleh puasa. Sebagai umat muslim, Ramadhan seharusnya dijadikan ajang memperbanyak amal ibadah dengan aktivitas yang bermanfaat. Seperti yang kita ketahui, bekerja atau menuntut ilmu juga merupakan ibadah. Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari seharusnya bisa menjadi penyemangat kita untuk mendapat pahala yang berlimpah bila dibarengi niat untuk ibadah. Jangan jadikan puasa sebagai alasan bermalas-malasan hingga mengurangi produktivitas kita.

Nah, apa saja kiat-kiat agar bulan Ramadhan tetap produktif? Kita simak beberapa tips dibawah ini.

  1. Buat Jadwal Aktivitas

Buat jadwal aktivitas apa saja yang akan kita lakukan di bulan Ramadhan. Urutkan mana yang menjadi prioritas atau dari yang paling mudah hingga yang dirasa sulit. Jika kita mengerjakan dari yang terberat, lakukan diawal hari ketika kita masih dalam keadaan fresh. Karena dengan keadaan yang fresh dan penuh energi, pekerjaan berat atau yang dianggap penting akan lebih mudah diselesaikan.

2. Hindari Banyak Cakap (Bergosip)

Hal ini seharusnya bisa kita terapkan setiap saat. Bukan berarti membatasi komunikasi dengan orang lain namun kita sering lupa dan terhanyut dalam percakapan yang tidak bermanfaat. Selain itu, banyak berbincang-bincang yang tak tentu arah juga berpotensi membuang waktu dan tenaga kita.

3. Makan Sahur

Makan sahur adalah hal yang dianjurkan, seperti dalam hadist Rasulullah SAW:

“Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan” (HR. Bukhari-Muslim). Banyak sekali manfaat dengan makan sahur. Kita bisa bangun malam dan memperbanyak dzikir, tidak ketinggalan solat subuh, dan yang terpenting dengan makan sahur, menambah energi kita disiang harinya ketika puasa. Tidak lupa juga jaga asupan nutrisi makanan yang kita konsumsi.

4. Istirahat Yang Cukup

Kurang istirahat dapat menurunkan fokus kita dalam beraktivitas. Hal ini baiknya dibarengi dengan manajemen waktu yang baik berkaitan dengan mempersiapkan jadwal dan prioritas kerja kita tadi. Istirahatlah yang cukup, sempatkan tidur siang walau sebentar.

5. Disiplin Dalam Menjalankan Aktivitas

Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Dengan kedisiplinan semua yang sudah kita jadwal yang sudah kita susun tentu akan berjalan baik sesuai rencana. Dan tentunya kedisiplinan sangat mempengaruhi produktivitas kita. Jangan sampai menunda pekerjaan karena itu akan menambah beban pekerjaan apalagi ketika sedang berpuasa.

Itu dia beberapa tips yang dapat dilakukan selama Ramadhan untuk menjaga diri agar tetap produktif. Di bulan Ramadhan ini mari isi dengan aktivitas yang bermanfaat. Jangan sampai sia-siakan keberkahan dibulan ini dengan hal-hal yang percuma. (Riska Nursyafitri)

 

Disadur dari berbagai sumber.

Related posts

*

*

Top