Cerdas Cermat Asyik Sebelum Menghadapi Ujian Tengah Semester

Peserta

Peserta dan tutor Student center melakukan foto bersama setelah Lomba Cerdas Cermat di GSS B pada 15/04/2017 (foto: Dokumentasi SC)

Ada yang menarik dari kegiatan Student Centre (SC) pada tahun ini. SC mengadakan Lomba Cerdas Cermat Student Centre (LCC SC) menjelang ujian tengah semester yang kedua. Kegiatan ini baru saja dilaksanakan pada hari Sabtu (15/04/2017) dari mulai pukul 07.00 sampai menjelang waktu shalat Ashar. “Kegiatan ini memang dikhususkan untuk mahasiswa TPB yang terdaftar sebagai anggota SC sebagai sarana meningkatan motivasi belajar mahasiswa TPB. Apalalagi pekan depannya sudah mulai UTS kedua” ujar Ardinda Kartikaningtyas yang akrab disapa Tyas, selaku kepala program Student Center Salman ITB.

penyisihan

Peserta tengah mengerjaskan soal pada tahap penyisihan LCC SC (foto: dokumentasi SC)

Terdapat 9 tim  yang mengikuti LCC ini dari 12 tim yang mendaftar. masing-masing tim terdiri dari 3 orang dengan berbagai fakultas. Proses seleksi LCC SC dimulai dari babak penyisihan berupa pengerjaan soal-soal. Pertanyaan yang diujikan pun tidak jauh dari pertanyaan matematika, fisika, dan kimia. Selain sebagai sarana refreshing, juga
sekaligus pengingat materi untuk UTS kedepan. Pada saat hari pagi hari Sabtu tersebut, selasar Bank muamalat di komplek mesjid Salman ITB  berubah menjadi tempat seleksi penyisihan dengan kursi-kursi kayu panjang yang berjajar rapi. Di sana puluhan mahasiswa TPB nampak serius dengan soal yang diberikan oleh tim tutor SC. “Penyisihannya tes tulis, waktunya 2 jam untuk mengerjakan soal mafiki. Masing2 anggota mengerjakan individual yang kemudian nilainya diakumulasi dengan anggota tim lainnya”. Tyas menambahkan.

Tahap final LCC (foto: dokumentasi SC)

Setelah babak penyisihan 6 tim yang terpilih mengikuti tahap semi final di Gedung Sayap Selatan B (GSS B) Salman. Pada tahap ini peserta penyisihan dilaksanakan seperti pada lomba rangking satu yakni adu ketepatan dalam menjawab pertanyaan. Semua peserta saling berkompetisi menjawab semua pertanyaan yang diajukan dengan benar yang dijawab pertim, setiap pertanyaan yang benar akan diberi poin. Selanjutnya tiga tim dengan nilai tertinggi masuk tahap final. Pada tahap final dilaksanakan sebagaimana Lomba cerdas cermat pada umumnya. Setiap tim yang lolos diberikan soal wajib. Selanjutnya diberikan soal rebutan.

pemenang lomba

pemenang lomba (foto: dokumentasi SC)

Lomba Cerdas Cermat SC ini tidak juga memberikan hadiah kepada para pemenangnya. Hadiah yang diberikan pun cukup besar. Mereka diberikan uang tunai untuk juara satu, dua, dan tiga. Untuk juara satu diberi uang tunai sebesar Rp 1.000.000. Untuk juara dua diberi hadiah uang tunai Rp 750.000, sedangkan untuk juara tiga membawa uang sebanya Rp 500.000. “Euforia dari temen-temen SC ini memang cukup bagus, banyak hal yang positif, dan banyak yang mau ikut, namun terkendala dengan agenda Salman lain seperti LMD Nasional dan long weekend, sehingga banyak yang berhalangan untuk dapat ikut” tambah Tyas.

Tyas menjelaskan bahwa saat ini terdapat sekitar 650 orang TPB angkatan 2016 terdaftar sebagai anggota SC. Jumlah penutor sebanyak 22 orang. Selain mengajar di Salman, SC juga mengajar untuk mahasiswa penghuni asrama ITB. “Selain membantu memenuhi kebutuhan akademik mahasiswa, juga bertujuan mengajak mahasiswa TPB untuk dekat dengan mesjid, lalu secara tidak langsung bakal tau kan kegiatan-kegiatan Salman, harapannya mereka berpartisipasi dan lalu jadi kader Salman. Kami juga sangat terbuka untuk teman-teman non-muslim yang ingin belajar bersama.

Masjid Salman ITB juga memiliki progam khusus untuk peningkatan nilai akademik mahasiswa TPB melalui program Student Centre (SC) di bawah Bidang Mahasiswa dan Kaderisasi (BMK). Program ini dibuka setiap tahunnya dan mahasiswa cukup membayar  Rp 25.000 dapat mengikuti turorial dan pembelajaran selama satu tahun penuh. Bagi mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Tahap Persiapan Bersama (TPB) merupakan tahapan yang cukup krusial karena dapat menentukan mampu tidaknya bertahan dengan kehidupan kampus. Selain itu tahapan ini juga merupakan penentu jurusan yang akan dipilih pada tahap selanjutnya, dimana dalam hal ini nilai akademik dapat menjadi salah satu faktor penentu jurusan nantinya. Mata kuliah mahasiswa TPB pada umumnya tidak jauh dari matematika, fisika, dan kimia. Maka biasanya banyak diadakan tutorial-tutorial khusus bagi mahasiswa TPB baik secara perorangan maupun kelompok. [Ed: Ft]

*

*

Top