Belajar Alquran Online Bersama Nouman Ali Khan

Peserta Belajar Alquran Intensif di Komunitas Qaf sedang belajar Alquran di Pusdai. (foto: Dok. Qaf)

Peserta Belajar Alquran Intensif di Komunitas Qaf sedang belajar Alquran di Pusdai. (foto: Dok. Qaf)

Belajar Alquran atau bahasa Arab di kelas sudah sangat biasa. Metode pengajaran yang menghadirkan guru di depan kelas beserta puluhan murid,  bisa kita jumpai di banyak sekolah informal. Akan tetapi, ada yang berbeda dari komunitas ini. Qaf namanya. Dari komunitas ini lahirlah  sebuah program bernama Qaf Intensive Qur’an Study, sebuah program pembelajaran Al Qur’an secara intensif.

Mereka mempelajari bahasa Arab, secara spesifik Qur’anic Arabic (Bahasa Arab Al Qur’an), dengan menonton video bersama dari Bayyinah TV. Selain itu  ada juga diskusi mengenai refleksi Al Qur’an yang didapat melalui tilawah bersama termasuk di dalamnya, mencoba memahami ayat-ayat yang dibaca lewat terjemahan, ditambah melalui video lecture mengenai ayat-ayat yang dibaca tersebut. “Kegiatan ini biasa kami sebut Tilawah in Depth,” papar Dea Tania Octarina, koordinator komunitas Qaf Al Qur’an Study Group.

Kegiatan positif yang dimulai setiap hari Senin setelah Maghrib dan Rabu setelah Ashar ini telah hadir sejak awal bulan Maret 2017. Dea berkata, kegiatan ini dibuka untuk umum. Namun,  sekarang yang bertahan adalah orang-orang yang memang sudah tergabung ke dalam komunitas Qaf. Karena memang program ini cukup menantang untuk orang-orang yang belum terbiasa dengan pembelajaran Al Qur’an secara intensif. Di samping video yang ditonton pun berbahasa inggris.

Menariknya, kelas ini pengajarannya secara online. Artinya,  tidak bergantung pada keberadaan seorang guru atau tidak di dalam kelas.  Sebuah upaya pembelajaran yang lebih mandiri agar setiap peserta bisa sepenuhnya terlibat secara aktif dalam prosesnya, sehingga ilmu yang didapat bisa lebih terserap di dalam dirinya.

“Sumber yang kami punya saat ini adalah melalui Bayyinah TV (bayyinah.tv), galeri video berbayar milik Bayyinah Institute pimpinan Ustadz Nouman Ali Khan. Program bahasa Arab yang ada di Bayyinah TV bernama Arabic with Husna, dimana Ustadz Nouman mengajarkan anak perempuannya bahasa Arab Al Qur’an dengan metode yang sangat terstruktur dan mudah diikuti oleh siapa pun,” ujar Dea, Selasa (5/4/2017).

Sedangkan untuk kegiatan Tilawah in Depth mereka menggunakan salah satu konten di Bayyinah TV juga bernama “Quran: A Concise Commentary .   Konten tersebut pada dasarnya merupakan perjalanan Nouman mengartikan isi Al Qur’an secara verbal disisipi beberapa komentar tentang ayat-ayat yang sedang dibahas.

“Pada dasarnya kami menonton video lecture beliau seperti di youtube atau di tempat lain. Namun video-video di Bayyinah TV sudah disusun terstruktur untuk kita bisa mempelajari Al Qur’an, Bahasa Arab, sejarah, dan lainnya secara terarah,” paparnya.

IMG_4679

Dea menambahkan, kendalanya bergantung pada akses internet yang kadang-kadang tidak selalu mulus. Atau untuk orang-orang yang belum familiar dengan bahasa inggris, kemungkinan akan kesulitan untuk mengikuti program ini. “Namun, kendala yang terbesar adalah motivasi, diperlukan komitmen tinggi bagi peserta untuk mau terus mengikuti proses pembelajaran Al Qur’an, karena ini bukan perjalanan yang pendek, konsistensi peserta adalah tantangan terbesar,” tegasnya.

Bagi Dea, keuntungan yang terbesar tentunya adalah kesempatan untuk bisa terkoneksi langsung dengan Al Qur’an secara personal. Tidak lagi harus melalui orang lain untuk bisa terkoneksi dengan Al Qur’an. Sehingga  bisa betul-betul merasakan keluarbiasaan Al Qur’an sebagai mukjizat yang diturunkan Allah kepada kita. “Keuntungan lain tentunya bisa bersama orang-orang yang sama-sama antusias mempelajari Al Qur’an, melalui perjalanannya bersama sehingga insyaAllah menjadi lebih mudah dari pada sendiri. Juga  akses gratis ke Bayyinah TV,”.

Pembelajaran ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Bidang Dakwah Salman ITB. Qaf Intensive Qur’an Study digelar di ruangan Gedung Sayap Selatan Masjid Salman ITB. Setiap hari Senin dan Rabu.

nouman1

Nouman Ali Khan (foto : Bayyinah Dream)

“Sejauh ini peserta yang hadir saya lihat bisa menikmati pembelajarannya. Ada peran besar Ust. Nouman di sini, yang dalam setiap video-videonya selalu memberikan suasana yang sangat santai, penuh humor saat mengajarkan bahasa Arab. Kami masih baru sekitar satu bulan memulai kegiatan ini, jadi masih sangat jauh dari tujuan akhir yang diharapkan, mudah-mudahan dimudahkan Allah untuk bisa selalu konsisten,” kata Dea berharap.

Nouman Ali Khan adalah seorang  pembicara muslim berkebangsaan Amerika. Founder, CEO, sekaligus pemimpin instruktur di Bayyinah, sebuah institut pembelajaran Bahasa Arab Alquran. Khan telah menulis beberapa buku. Salah satunya Divine Speech and Revive Your Heart. Namanya termasuk menjadi salah satu dari 500 Muslim paling berpengaruh di dunia oleh Royal Islamic Strategic Studies Centre of Jordan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*

*

Top