Bahas Masjid Sebagai Perubahan Peradaban, MA Al-Khairiyah Serang Kunjungi Salman

IMG20170118215049

Pihak Masjid Salman ITB tengah memberikan kenang-kenangan kepada pihak MA Al-Khairiyah Rancaranji, Serang, Banten, Rabu (18/1/17) di Gedung Serbaguna Masjid Salman ITB. (Foto : Faisal T.)

Bandung, (Salman Media) – Rombongan guru dan siswa dari MA Al-Khairiyah, Rancaranji, Kab. Serang, Prov. Banten mengadakan kunjungan ke Masjid Salman ITB, Rabu (18/1/17).  Kunjungan ini adalah bagian dari study tour tahunan yang diadakan oleh MA Al-Khairiyah, tepatnya tur ke-20. Tur tahunan ini sudah rutin diadakan sejak 1998.

Program ini merupakan observasi lapangan dan  bagian dari proses pembelajaran bagi para siswa. Hal ini  bertujuan agar siswa mampu mengimplementasikan pengalaman yang diperolehnya serta mengembangkan pengetahuan dan wawasannya. “Setelah mengikuti observasi, siswa harus membuat karya ilmiah dalam kelompok sebagai syarat untuk mengikuti UN, yaitu makalah. Makalah tersebut ditulis berdasarkan hasil observasi tersebut, dipresentasikan dalam seminar, serta dipertanggungjawabkan di hadapan para guru. Karena itu, program ini juga merupakan sarana bagi siswa agar mereka siap menjadi mahasiswa,” ujar Momon Andri Winata, Kepala MA Al-Khairiyah.

Setelah Salat Isya,  rombongan mendengarkan penjelasan tentang Salman di Gedung Serbaguna Masjid Salman ITB. Kunjungan ke Salman ini bertujuan untuk memperkenalkan kampus ITB kepada para siswa, mempelajari peran dan fungsi masjid, pengelolaannya, sejarahnya, dan struktur organisasinya.  “Membuka cakrawala, wawasan, dan pemikiran siswa tentang keislaman, memperkuat ruhiyah siswa dan guru, serta mengambil sisi positifnya untuk diimplementasikan di madrasah,” tutur Momon.

Study tour yang  berlangsung dalam dua hari ini diikuti oleh 180 siswa dari program IPA, IPS, dan keagamaan, serta 25 guru pembimbing, termasuk kepala madrasah. Kunjungan ke Salman ini pun memiliki tema “Masjid Sebagai Perubahan Peradaban”. Masjid Salman memberikan pematerian mengenai kesalmanan sendiri dan materi  dari Keluarga Remaja Islam (KARISMA) Masjid Salman ITB.

Kunjungan MA Al-Khairiyah ini tidak hanya ke Salman saja, tetapi mereka pun turut mengunjungi Masjid Daarut Tauhid, Museum Pendidikan UPI, Museum Geologi dan Sentra Sepatu Cibaduyut dalam rangka meningkatkan kewirausahaan siswa dan implementasi ekonomi kreatif. (Faisal)

 

*

*

Top