Afif HAMKA Bedah Buku Karya HAMKA di Salman

Ustad Afif Hamka membedah buku "Ghirah Cemburu Karena Allah" di Salman, Sabtu (26/11/2016). (Foto: Ana S. K.)

Afif Hamka membedah buku “Ghirah Cemburu Karena Allah” di Masjid Salman ITB, Sabtu (26/11/2016). (Foto: Ana S. K.)

Bandung, (Salman Media) – Pengajian Sabtu Dhuha kali ini (26/11/2016), diisi dengan bedah buku karya Buya Hamka. Buku berjudul “Ghirah Cemburu Karena Allah” dibedah oleh Ustad Afif Hamka, anak ke 9 dari Buya Hamka sendiri. Bedah buku berlangsung dari jam 9 pagi di ruang utama Masjid Salman ITB.

“Ghirah merupakan rasa yang muncul ketika kita benar-benar bertaqwa pada Allah,” tutur orang kelahiran Jakarta, 5 Januari 1952 itu.

Di dalam bahasa arab, ghirah merupakan cemburu. Artinya, rasa malu karena tidak mau dihina atau diremehkan karena kehormatannya dikurangi. Ghirah karena Allah memiliki maksud bahwa kita ingin menunjukkan sebaik-baiknya ibadah kita kepada Allah. Kita tidak ingin memperlihatkan kelemahan kita dalam beribadah. Tiap ibadah yang kita laksanakan, dihayati dengan sebenar-benarnya penghayatan. Ghirah dapat membantu kita untuk melaksanakan ibadah lebih baik. Ghirah dapat menambah semangat saat ibadah kita melemah.

“Mari kita mewujudkan ibadah kita tidak hanya dalam sholat, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari,” tambah  Afif, “seperti itulah sebenar-benarnya taqwa.”

Buya hamka merupakan nama pena dari H. Abdul Malik Karim Amrullah. Buya HAMKA adalah seorang ulama dan sastrawan Indonesia. Buku ini sesungguhnya merupakan kumpulan tulisan Buya HAMKA yang sebelumnya diterbitkan di majalah-majalah.

Related posts

*

*

Top