Asyiknya Perbaiki Bacaan Quran di Bengkel Murottal UPTQ

 

img_20161016_135144

(Foto: Ana Shofiya K.)

Ahad (16/10) siang itu, seorang “montir” duduk di ujung Koridor Timur Masjid Salman ITB. Di hadapannya, duduk sembilan orang dengan Alqur’an masing-masing. Mushaf mereka terbuka pada Surat Ar-Rahman ayat 6-11. Rupanya, mereka sedang mengikuti kegiatan Bengkel Murottal yang diadakan oleh Unit Pengembangan Tilawatil Quran (UPTQ) Al-Muhandis Salman. Sesuai  namanya, kegiatan ini bertujuan “memperbaiki” langgam bacaan tilawah, sehingga indah didengar dan tepat sesuai tajwidnya.

Agus Eka Prasetyo, salah satu pengajar, bertindak sebagai “montir”. Dengan sabar ia mengajari peserta.  “Sudah capek? Kalau belum capek artinya suara yang dikeluarkan belum maksimal,” candanya, diiringi tawa peserta.

Murottal merupakan kegiatan membaca Alquran yang fokus pada ketepatan pembacaan dan lagunya. Menurut Agus, kita perlu melagukan bacaan Alquran karena keindahan suara yang dikeluarkan. “Allah menyukai keindahan,” katanya.

Bengkel Murottal sendiri terbuka untuk umum, tanpa memungut biaya. Jemaah yang ingin menjadi peserta, dipersilakan datang ke Ruang Utama Masjid Salman, setiap Ahad, pukul 12.45 WIB.[ed: Dh]

*

*

Top