Banjir Bandang di Subang, Rumah Amal Salman Turunkan Relawan

IMG-20160525-WA0014

Kondisi jalan di Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak, Subang setelah banjir bandang, Rabu (25/5/2016)

Banjir bandang kembali terjadi di Jawa Barat. Kali ini terjadi di Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak, Subang. Hujan berintensitas tinggi mengakibatkan debit air di Sungai Cihideung meluap dan menerjang rumah warga pada Minggu (22/5/2016) malam. Tercatat 5 korban jiwa dan sekitar 378 warga mengungsi ada Rabu lalu (25/5/2016).

Turut serta membantu para korban, Rumah Amal Salman ITB menurunkan tiga orang relawan di lokasi bencana. Mereka melakukan assesment dan membagikan pakaian layak pakai kepada para pengungsi. “Selain itu kami juga mengadakan trauma healing untuk anak-anak di sini,” ujar anggota Korps Relawan Salman ITB (Korsa) Igna Dea Puspita, Rabu (25/5/2016).

Menurut kabar terbaru, pada Jumat (27/5/2016), banjir sudah mulai surut. Para warga kini sedang membersihkan lumpur yang membenam rumah warga dan pohon-pohon tumbang di sekitar sungai. “Sekarang sedang dilakukan upaya membersihkan pohon besar yang terbawa banjir bandang menggunakan alat berat,” tambah Alfian Nurhakim, anggota Korsa lainnya.

Selain relawan dari Rumah Amal, dalam bencana ini turut serta relawan dari lembaga-lembaga sosial kebencanaan lainnya, seperti Taruna Siaga Bencana (Tagana), Palang Merah Indonesia (PMI), Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan sebagainya. Semuanya saling bersinergi dalam menangani bencana banjir di Subang tersebut.

Related posts

One Comment;

*

*

Top