Banjir Tak Henti, Korsa Terus Pantau Kabupaten Bandung

 

IMG-20160422-WA0008

Igna Dea Puspita (kiri), anggota Korps Relawan Salman ITB (Korsa), sedang berdiskusi dengan relawan lainnya yang turun di lokasi bencana banjir Cicalengka, Kabupaten Bandung, Selasa (19/04/2016).

Banjir di daerah Kabupaten Bandung belumlah surut. Sejak bulau lalu, beberapa kecamatan di Bandung masih dilanda banjir, di antaranya Baleendah, Paseh dan Cicalengka. Ketika turun hujan besar, debit air akan naik. Sebaliknya ketika hujan tidak turun, air akan surut. Keadaan ini berlangsung terus-menerus disertai dengan pulang-balik para pengungsi ke rumah masing-masing.

Menanggapi keadaan ini, Korps Relawan Salman ITB (Korsa) menurunkan beberapa relawan di pos pengungsian Kabupaten Bandung. Mereka adalah Muhammad Abdullah Azzam, Igna Dea Puspita, dan Alifian Nur Hakim yang terus memantau keadaan banjir di sana. Selain mengamati ketinggian air, para relawan juga melakukan tindakan evakuasi dan memberikan tindakan medis bagi pengungsi yang sakit.

“Saat ini tim Korsa kerap mobile atau berpindah-pindah dari pos satu ke pos pengungsian yang lain,” tutur Azzam, Rabu (20/04/2016). Hal ini dilakukan karena status banjir yang berbeda-beda pada tiap kecamatan.

Bantuan dari masyarakat terus mengalir ke pos pengungsian. Namun di sisi lain, Komandan Korsa Muhammad Abduh menyarankan agar masyarakat dapat memberikan bantuan dengan mendesak pemerintah agar mengeluarkan regulasi solusi yang tepat untuk menghentikan banjir tahunan ini. Menurutnya, bantuan berupa logistik pun tetap diharapkan, tetapi sebaiknya sesuai dengan apa yang korban butuhkan. “Karena belum tentu warga membutuhkan bantuan yang diberikan. Maka jadilah jemaah dan donatur yang cerdas terkait hal ini,” imbuhnya, Kamis (17/03/2016). (Ed: EA)

 

 

Related posts

*

*

Top