Tanggapi Banjir Tahunan Kabupaten Bandung, Rumah Amal Salman ITB Turunkan Relawan

IMG_20160314_153725

Relawan Rumah Amal Salman ITB sedang memberikan pengobatan kepada warga yang terkena dampak banjir di posko pengungsian di Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (14/3).

Kabupaten Bandung kembali banjir. Hujan yang berlangsung sejak Selasa (8/3) lalu membuat beberapa kecamatan terendam luapan air Sungai Citarum hingga kisaran 80 hingga 300 centimeter. Sampai saat ini, tercatat terdapat 2 korban jiwa dan sekitar 24.000 jiwa terdampak bencana. Salah satunya daerah yang terkena dampak luas bencana banjir langganan tahunan tersebut adalah Kecamatan Baleendah.

Menanggapi bencana tersebut, Rumah Amal Salman ITB telah menurunkan beberapa relawan untuk siaga di Rancamanyar, Baleendah. Menurut Igna Dea Puspita, anggota Korps Relawan Salman (Korsa) ITB, pengungsi di posko pusat pengungsian semakin bertambah sehingga masjid pun dipakai sebagai tempat pengungsian.

“Yang dibutuhkan para pengungsi saat ini makanan siap saji, selimut, tikar, hingga baju layak pakai,” ujarnya, Senin (14/3).

Para relawan Rumah Amal Salman ITB telah memberikan bantuan berupa obat-obatan, smile shelter untuk anak-anak, dan evakuasi bagi korban yang berada di lokasi bencana. Program-program tersebut berkolaborasi dengan relawan Forum Zakat Wilayah (Fozwil) Jawa Barat, BPBD, dan beberapa relawan instansi lainnya.

“Status bencana banjir telah dinyatakan berstatus tanggap darurat yang naik dari status siaga sebelumnya,” pungkasnya.

Related posts

*

*

Top