Bincang-Bincang Film di Festival Film Salman 2015

IMG20151128103656

Talkshow Festival Film Salman 2015, Sabtu (28/11) di Gedung Serba Guna (GSG) Masjid Salman ITB.

Oleh : Indria Fitri Afiyana

Bandung (Salman Media) – Masjid Salman ITB bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia mengadakan Festival Film Salman 2015 pada Sabtu dan Ahad (28-29/11) kemarin. Acara yang berlangsung di komplek Masjid Salman ITB mengambil tema besar “Film dan Karakter Anak Muda”.

Salah satu rangkaian acaranya adalah takshow film bersama Yasraf Amir Pialang (akademisi), Budhiana Kartawijaya (budayawan), dan Iqbal Alfajri (sutradara). Dalam talkshow tersebut, pembicara banyak memberikan pandangannya terhadap keadaan industri film saat ini, khususnya film di Indonesia. “Mengapa film Indonesia banyak yang tidak membawa pesan baik? Karena banyak produser yang masih berpikiran profit oriented, bikin tergantung minat pasar” ujar Yasraf yang merupakan guru besar di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB.

Dalam kesempatan yang sama, Budhiana juga membandingkan keadaan industri film di luar negeri dengan di dalam negeri. Korea contohnya,  pernah mengalami perang saudara pada tahun 50-an. Tapi dalam waktu yang sangat singkat, ia mampu bangkit dari keterpurukan akibat perang, salah satunya berkat film. “Di Korea, ada kartun yang bertemakan kimchi. Mereka bilang kalau makan kimchi bisa jadi kuat, kayak Popeye makan bayam gitu,” ujar Budhiana. Efek dari film kartun itu sangatlah besar, yakni tumbuh pikiran di benak anak-anak untuk senang memakan asinan sayur bernama kimchi tersebut.

Berbeda dengan kedua pembicara sebelumnya, Iqbal lebih membicarakan tentang tips dan triknya agar bisa membuat film meski di usia muda. “Yang pasti film itu adalah kerja tim. Film ga bisa jadi kalau hanya mengandalkan satu pihak saja,” ujarnya.

Selain talkshow, Festival Film Salman 2015 ini juga mengadakan workshop pembuatan film, pemutaran film pendek hasil pemenang kompetisi film pendek nasional, serta casting pemain film Iqra. (Ed: EA)

 

Related posts

*

*

Top