Salman Akan Gelar Malam Tafakur Lingkungan

malam tafakur budaya poster

Poster acara Malam Tafakur Lingkungan

Oleh: Ana Shofiya Kurniawati

Bandung (Salman Media) – Berbeda dengan sebelumnya, Salman Days Out Picnic (SaDOP) edisi “Pahlawan Lingkungan” kali ini memasukkan acara Malam Budaya: Malam Tafakkur Lingkungan sebagai salah satu rangkaian acaranya. Acara yang akan dilaksanakan Sabtu malam (28/11) tersebut akan mengundang K.H. Maman Abdurrahman, Ketua Umum Persatuan Islam (Persis).

Maman pernah menulis sebuah buku yang membahas konservasi lingkungan menurut kacamata Islam. Ia membahas mengenai larangan Islam dalam membangun bangunan atau bermegah-megahan di atas gunung. Kenyataannya, keberadaan vila di daerah Dago atas mulai menjamur. Selain itu, menurutnya, sedekah yang paling utama adalah sedekah air. Sedekah air artinya konservasi air atau suatu cara agar kita dapat menjaga lingkungan tetep dapat menghasilkan air.

Oleh karena itu, dalam malam budaya nanti, Maman akan menyampaikan orasi budaya mengenai lingkungan. Di sana ia akan memaparkan pandangannya tentang kebudayaan manusia. Dalam hal ini, kebudayaan yang dimaksud adalah konservasi lingkungan yang ditinjau dari religiusitas masyarakat.

Selain orasi budaya, akan ditampilkan pertunjukan dari unit Salman yakni Aksara dan Teater Menara. Aksara akan menampilkan mini teater, sedangkan Teater Menara akan menunjukkan happening art berupa deklamasi puisi. Nantinya, Aksara akan berperan sebagai pengiring orasi budaya tersebut.

“Dengan kegiatan ini, diharapankan Islam dapat menyelesaikan masalah dan memberdayakan masyarakat agar dapat hidup berdampingan dengan lingkungan yang Allah ciptakan,” tutur Tristia Riskawati, Manajer Biro Kehumasan Salman selaku pihak yang menginisiasi acara Malam Budaya. (Ed: EA)

 

Ingin tulisan Anda dipublikasikan di Salmanitb.com? Kirimkan tulisan ke redaksi@salmanitb.com beserta keterangan aktivitas Anda.

Related posts

*

*

Top