Jurnal Salman Perdana: “Mencari Titik temu Sains-Teknologi, Realitas Sosial, dan Agama”

FB_IMG_1445351196674

Jurnal Salman edisi pertama mengangkat tema “Mencari Titik temu Sains-Teknologi, Realitas Sosial, dan Agama”. (Foto: facebook Jurnal Salman)

Jurnal pertama Salman telah terbit dengan tajuk “Mencari Titik temu Sains-Teknologi, Realitas Sosial, dan Agama”. “Jurnal Salman membawa semangat untuk mempertemukan realitas pengetahuan modern dengan khazanah ajaran agama Islam” tutur Salim Rusli, Manajer Eksekutif Bidang Pengkajian dan Penerbitan (BPP), Yayasan Pembina Masjid (YPM) Salman ITB, Selasa (20/10).

Lebih lanjut pria yang sering disapa Kang Salim ini menuturkan bahwa Jurnal Salman mencoba menjelaskan bagaimana muslim dapat berpikir, berkarya, dan bertindak secara Islam di tengah kehidupan modern. Di tengah ilmu pengetahuan, sains, dan teknologi, atau yang bukan murni dihasilkan oleh Islam. Tetapi dihasilkan para peneliti atau pemikir yang dalam proses menemukannya mereka telah “membuang” agama. Mereka menganggap agama tidak nyambung dibicarakan dengan ilmu.

“Hal tersebut tentu memberikan konsekuensi kepada umat beragama yang menggunakan teknologi,” ujar Salim.

Jurnal Salman mencoba mencari solusi atas konsekuensi tersebut dengan mengundang beberapa penulis piawai untuk menyumbang hasil pemikirannya. Yasraf Amir Pialang, guru besar Kelompok Keahlian Ilmu Desain Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, menulis dengan judul “Sains, Teknologi dan Imajinasi Sosial: Mitos dan Hiper-Realitas Kebudayaan Indonesia”. Armahedi Mahzar, Bambang Sugiharto, Alfathri Adlin, dan Rahmat Sudarsono pun turut serta dalam penulisan jurnal yang terbit per kuartal tahun ini. Berikutnya, jurnal kedua Salman akan terbit pada awal Januari tahun depan dengan fokus tema “Skizofrenia”.

Jurnal ini dapat dimiliki dengan harga 60.000 rupiah. Untuk memesan jurnal ini, dapat menghubungi Facebook “Jurnal Salman”. Jika ingin membeli langsung, dapat menghubungi kantor BPP YPM Salman di gedung Kayu Kompleks Salman ITB. (Ed: EA)

 

 

Ingin tulisan Anda dipublikasikan di Salmanitb.com? Kirimkan tulisan ke redaksi@salmanitb.com beserta keterangan aktivitas Anda.

Related posts

*

*

Top