Kabut Asap Menipis, Relawan Salman Adakan Program Layanan Kesehatan di Riau

Relawan Rumah  Amal Salman ITB (kiri) sedang membantu dokter dalam melayani kesehatan warga di Rumah Aman, Jumat (6/11) di wilayah Rumbai, Riau. (Foto : Bustomi)

Relawan Rumah Amal Salman ITB (kiri) sedang membantu dokter dalam melayani kesehatan warga di Rumah Aman, Jumat (6/11), di wilayah Rumbai, Riau. (Foto : Bustomi)

Oleh: Ana Shofiya Kurniawati
Bandung, (Salman Media) – Intensitas kebakaran hutan di Riau berangsur menurun. Hal ini disebabkan oleh hujan yang turun beberapa hari terakhir. “Kabut di daerah Riau mulai menghilang. Warga juga telah beraktivitas normal normal kembali,” tutur Bustomi, salah seorang relawan Masjid Salman ITB yang meninjau ke Riau beberapa hari yang lalu.
Selain Riau, Jambi pun mengalami hal yang sama. Dilansir dari liputan6.com (05/11), kualitas udara di Jambi membaik dengan angka Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada pada level 40.
Berbeda halnya dengan provinsi Sumatera Selatan. Asap masih menyelimuti Jalan Lintas Sumatera yang melewati jalur Palembang-Indralaya sepanjang Kamis siang (05/11). Guyuran hujan yang berlangsung dua hari belum mampu mengusir asap sepenuhnya.

Program Layanan Kesehatan dan Safe House
Sejak beberapa minggu yang lalu Korps Relawan Salman ITB (Korsa) telah mengadakan #GerakanBerbagiO2 yang bertujuan untuk menggalang dana bagi korban bencana asap. Melihat kondisi di atas, tim Relawan Rumah Amal Salman ITB menyalurkan dana #GerakanBerbagiO2 melalui program layanan kesehatan serta safe house atau rumah aman di Pekanbaru, Riau. Kedua program ini diputuskan setelah riset mencari data dan keperluan yang dibutuhkan masyarakat.
Program layanan kesehatan dan rumah aman melayani pemeriksaan kondisi masyarakat pasca kabut asap. Kedua program ini akan sangat bermanfaat jika kabut asap kembali meracuni masyarakat. (Ed: EA)

Related posts

*

*

Top