Rumah Amal Salman ITB dan Dompet Dhuafa Sinergi Selenggarakan Layanan Pasca Kabut Asap di Riau

Safe House dan Aksi Layanan Kesehatan

Relawan Rumah Amal Salman ITB bersama Dompet Dhuafa serta warga setempat sedang berfoto bersama seusai kegiatan Aksi Layanan Kesehatan (ALS), Jumat (6/11), di wilayah Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau. (Foto : Bustomi)

Setelah pasca kabut asap melanda, kini Riau sudah berangsur membaik. Rumah Amal Salman ITB bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Riau mengadakan Aksi Layanan Kesehatan (ALS) dan mengecek kembali Safe House (Rumah Aman) untuk tempat evakuasi warga, Jumat (6/11), di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Kegiatan ini dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan warga pesisiran ibu kota provinsi Riau tersebut pasca kabut asap yang melanda beberapa bulan sebelumnya.

Dampak kabut asap ternyata ada yang baru terasa setelah bencana mulai reda. Rata-rata warga sekitaran Riau kini merasakan gelaja penyakit, seperti sakit kepala, batuk, dan sesak nafas. Salah satunya, Juraida Seian, warga asli Rumbai. “Dulu (ketika kabut asap –Red.) kita tak merasakan apa-apa, paling cuma sesak saja. Tapi kini sudah mulai kerasa gejala-gejala lainnya,” ujarnya.

Juraida bersyukur dengan adanya layanan pengobatan yang dilakukan oleh relawan Masjid Salman ITB bersama Dompet Dhuafa di daerahnya. Ia kini bisa mengecek setiap minggu perkembangan kondisi badannya secara gratis. “Ini sangat membantu kami dalam segi pengobatan dan kesehatan yang kurang terjangkau pemerintah. Semoga ini bisa terus berlanjut,” harap Juraida.

Pimpinan pihak Dompet Dhuafa Riau Sunarko menuturkan program ini akan tetap berkelanjutan. Jadi, pelayanan ini tidak hanya dibuka pasca atau saat asap datang. Namun, juga untuk melayani masyarakat sekitar setiap saat sekaligus sebagai tempat jaga-jaga jika kabut asap tiba-tiba datang kembali. “Kita rencananya akan buka terus tiap minggu, bahkan akan dibuat seperti puskesmas,” ujarnya. (Ed: EA)

 

 

Bustomi

menunggu sang ulat yang mengurung dirinya di dalam kepompong untuk menjadi kupu-kupu...

Related posts

*

*

Top