Salman Kembali Berbagi Paket Sahur di Jalanan

Panitia Pelaksana Program Ramadan (P3R) Salman sedang membagikan paket sahur di Jalan Asia Afrika. (Foto: M. Ambang)

Berbagi dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Apa yang dilakukan oleh Panitia Pelaksana Program Ramadan (P3R) YPM Salman ITB, salah satunya. Senin (29/6) dini hari, P3R membagikan paket sahur di beberapa sudut Kota Bandung. Kegiatan ini bertajuk “Sahur On The Road”.

P3R menargetkan paket-paket makanan untuk ibadah sahur ini sampai kepada masyarakat yang berstatus sebagai Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Terhitung 200 paket nasi bungkus ditambah susu dan teh, habis dibagikan kepada mereka.

Dilansir website resmi Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, dinsos.jabarprov.go.id, PMKS adalah mereka yang tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya. Hal ini disebabkan hambatan, kesulitan, dan/ atau gangguan yang menimpa mereka. Akibatnya, mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani, rohani, dan sosial secara memadai dan wajar.

Beberapa kategori PMKS adalah anak terlantar, anak jalanan, lanjut usia terlantar, penyandang disabilitas, dan tuna susila. Kemudian mereka juga yang termasuk gelandangan, pengemis, dan pemulung.

P3R sendiri sudah mempersiapkan paket-paket makanan tersebut mulai pukul dua dini hari. Panitia mulai membagikan paket nasi di wilayah Jalan Asia Afrika. Kemudian mereka melanjutkan perjalanan ke Jalan Sunda dan berakhir di Jalan Sumbawa karena paket makanan habis.

Penanggung Jawab Program “Sahur On The Road” Dwi Rizki Setyarti mengungkapkan, kegiatan ini telah berlangsung selama dua tahun terakhir. Kegiatan ini pun menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi dalam beribadah puasa selama Bulan Ramadan.

“Biasanya orang-orang tidak berpuasa dengan alasan tidak melaksanakan sahur. Dengan kegiatan ini, kita berharap mereka bisa melaksanakan ibadah puasa dengan baik,” ujar mahasiswa Teknik Lingkungan ITB ini.

Ia pun menekankan pentingnya berbagi terhadap siapa saja. Menurutnya, berbagi, sebanyak apa pun tak akan menjadikan rezeki yang dimiliki berkurang. Malah dengan berbagi, rezeki akan selalu bertambah karena akan ada usaha berlanjut untuk meningkatkan rezeki yang didapatkan.[ed: Dh]

Top