Forum Zakat Kembali Gelar Musyawarah Nasional

DSC_1345

KH. Masdar F. Mas’udi (Calon Komisioner Badan Zakat Nasional (Baznas)), Dr. Ahmad Mukhlis Yusuf (Divisi Pengembangan Baznas) sedang mengisi dialog bertema “Social Welfare : Reinventing Social Capital” Selasa (5/6), di Ballroom Savoy Homann, Bandung. (Foto: Fathia U.H. )

Bandung, (Salman Media) – Jelang pergantian susunan pengurus periode 2012-2015, Forum Zakat (FOZ) menggelar musyawarah Nasional (Munas) ke-7 pada Selasa (6/5) sampai Kamis (8/5). Acara yang diadakan di Ballroom Hotel Savoy Homann Bandung ini mengangkat tema “Equality, Strengthening & Social Welfare”.

Menurut Pengurus foz Nasional Sabeth Alibawa, equality atau persamaan diartikan sebagai elemen gerakan zakat yang berdiri setara. Strengthening, berarti menguatkan peran gerakan lembaga zakat yang diinisiasi masyarakat.

“Ketiga (social welfare) yaitu mengoptimalkan peran zakat untuk masyarakat,” tutur Sabeth, seperti yang dikutip oleh alhikmah.co.

Ketiga tujuan tadi akan diturunkan lagi menjadi beberapa sub tema. Di antaranya, “menakar peran masyarakat dalam pengelolaan zakat Indonesia”, “kearifan budaya zakat nusantara dan tantangan regulasi”, serta “reinventing social capital”. Peserta Munas diberi pengayaan perihal ketiga subtema tersebut oleh narasumber yang kompeten di bidang perzakatan. Pengayaan ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan peserta Munas, yang terdiri dari praktisi zakat, akademisi, pemerhati zakat, dan masyarakat umum.

Tiga agenda utama dalam Munas FOZ ke-7 sendiri ialah Pembahasan dan Pengesahan AD/ART, Tata Organisasi dan Program Kerja FOZ, serta Pembahasan Rekomendasi dan Sinergi OPZ. Sebelumnya, telah diadakan Fun Walk atau jalan sehat sepanjang 3 kilometer pada Ahad (3/5). Dalam kegiatan tersebut diadakan pula Pengobatan Massal oleh Divisi Kesehatan 10 Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang berpartisipasi. Tak ketinggalan, peserta Fun Walk juga dihibur oleh pertunjukkan seni Mahasiswa ITB dan anak-anak binaan LAZ.[ed: Dh]

 

Top