Perputaran Dana Koperasi BP2M Salman Capai Angka Dua Ratus Juta

 

Pelatihan Koperasi bersama BP2M di Lembang.

Pelatihan Koperasi bersama BP2M di Lembang. (Foto: M. Ambang)

Perputaran keuangan Unit Koperasi Serba Usaha Bidang Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat (BP2M) Salman ITB sudah mencapai tahap yang memuaskan. Hingga kini, sirkulasi keuangan koperasi telah mencapai kisaran dua ratus juta Rupiah. Hal tersebut diungkapkan Penanggung Jawab Program Ekonomi Masyarakat BP2M Yandi Ginanjar, Sabtu (20/12).

“Alhamdulillah sampai saat ini, sirkulasi keuangan koperasi sudah sampai pada tahap yang baik. Dengan modal sepuluh juta yang kita gulirkan ke masyarakat dua tahun lalu, hari ini perputaran (keuangan)-nya sudah sampai sekitar dua ratus juta,” katanya.

Menurut Yandi, hal ini karena masyarakat telah dapat merasakan manfaat koperasi tersebut. Mengingat, ada 14 koperasi primer yang bergerak aktif di bawah koperasi sekunder BP2M dengan anggota berjumlah rata-rata 200 orang.

Koperasi Serba Usaha BP2M sampai saat ini baru menyediakan fasilitas sewa alat-alat outbond. Koperasi-koperasi lain di bawahnya, merupakan koperasi simpan pinjam, koperasi perdagangan, pertanian, peternakan, dan lain-lain.

“Kami terus belajar dan berusaha meningkatkan performa kami dalam pemberdayaan masyarakat. Sampai sekarang, kami pun selalu mencari informasi dan kerjasama dari pihak lain untuk membangun bersama perekonomian masyarakat,” ungkap Yandi.

Yandi pun berharap, pihak pemerintah dan swasta memberikan perhatian terhadap sistem koperasi ini. Baginya, koperasi perlu terus diperhatikan karena merupakan usaha memberdayakan masyarakat kelas menengah ke bawah. [ed: Dh]

Related posts

Top