Teater Menara Berlatih Sambil Mengenal Alam

Teater Menara Salman ITB sedang berfoto bersama dengan para anggota lainnya setelah latihan di Taman Hutan Raya (Tahura), Ahad (17/08). Foto dokumentasi TMSI.

Teater Menara Salman ITB sedang berfoto bersama dengan para anggota lainnya setelah latihan di Taman Hutan Raya (Tahura), Ahad (17/08).
Foto dokumentasi TMSI.

Ada suasana latihan baru bagi para anggota Teater Menara Salman ITB. Sebab yang biasanya latihan di Gedung Serba Guna (GSG) Masjid Salman ITB, kali ini mereka mengadakan latihan di Taman Hutan Raya (Tahura) dago, Ahad (17/08) lalu.

“Disini mereka dilatih untuk kepekaan dan respon mereka terhadap lingkungan, serta untuk menemukan suasana baru bagi mereka,” ujar Iyus Kadarusman, Pembina Teater Menara Salman ITB.

Iyus beranggapan, jika mereka tidak diajak latihan di alam terbuka, mereka tidak akan bisa merespon sesuatu yang di stimulasikan dari luar. Sebab untuk mengembangkan potensi diri, mereka harus bisa peka terhadap lingkungan sekitar. Jika tidak, mereka akan gugup apabila pentas di tempat yang baru.

“Mereka diajak ke alam bebas, supaya bisa merasakan lingkungan yang sangat dinamis,” kata Iyus.

Latihan teater di panggung berbeda dengan latihan di alam terbuka. Menurut Iyus, latihan di Tahura ini agar  setiap anggota Teater Menara bisa cepat beradaptasi terhadap berbagai kondisu lingkungan dan improvisasi yang bagus. Mereka jadi bisa mengobservasi lingkungannya dengan baik dan mempunyai fleksibilitas yang bagus.

“Disini kita mencoba membangun karya-karya seni yang inovatif dan mempunyai filosofi serta semangat dakwah, sehingga menjadi kader-kader yang berdakwah dalam hal seni,” pungkasnya.

Bustomi

menunggu sang ulat yang mengurung dirinya di dalam kepompong untuk menjadi kupu-kupu...

Related posts

Top