Ujian yang Menentukan*

Foto: ukhtiange.blogdetik.com

Foto: ukhtiange.blogdetik.com

*oleh Syamril
Bayangkan, Anda baru akan mengikuti seleksi ke perguruan negeri terbaik di negeri ini. Anda pun mengikuti seleksi. Ternyata sebelum seleksi, Menteri Pendidikan menyampaikan hal di luar dugaan. Menteri berkata “Tolong perhatikan baik-baik perkataan saya. Siapa yang lulus maka akan saya beri imbalan yang luar biasa”.

Apakah imbalannya? Menteri berhenti sejenak dan semua karyawan baru menunggu dengan penasaran. “Imbalannya adalah Anda akan saya berikan gaji terbaik, fasilitas terbaik dan segala yang terbaik sampai akhir hayat Anda. Segala permintaan Anda akan saya penuhi.”

Ternyata Menteri masih melanjutkan pengarahannya setelah suasana kembali tenang. “Soalnya Anda kerjakan dengan open book. Buku sumbernya pun sudah disiapkan. Soalnya pun Cuma tiga buah”.

Semua peserta tambah kaget dan gembira serta bertekad dalam hati “saya akan mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya selama satu jam tersebut agar dapat lulus jadi mahasiswa sehingga sejahtera sampai akhir hayat”.

Cerita di atas adalah metafora tentang Allah yang menciptakan manusia ke dunia. Hidup dan kematian menurut Allah adalah ujian. Siapa yang lulus, yaitu yang paling baik amalnya.

Soalnya hanya tiga yaitu iman, ilmu dan amal. lalu buku pedomannya hanya dua yaitu Al Qur’an dan Sunnah. Open book, bisa dipelajari sambil ujian. Ujian itulah kehidupan kita. Itu semua dilakukan dengan mengerjakan yang diperintahkan dan menjauhi segala yang dilarang oleh Allah.

Kemudian di akhir hayat kelak akan diperiksa kualitas hidup dan kerja kita apakah masuk kategori terbaik atau tidak. Jika lulus dan memenuhi Key Performance Indicator maka Allah akan membalasnya dengan surga yang luasnya seluas langit dan bumi dan manusia akan kekal di dalamnya.

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”. (Q.S. Al Mulk : 2).***

 

 

 

*Disunting dengan beberapa perubahan. Penulis adalah pegiat dunia pendidikan. Pernah menjadi Manajer LPP Salman

*

*

Top